Pendahuluan
1.1 Latar Belakang Masalah
Dalam keseharian bisnis
tidak akan lepas dari masyarakat sekitar, oleh karena itu perusahaan
berkewajiban bertanggung jawab terhadap kondisi yang sering disebut Corporate
Social Responsibiliy. CSR merupakan investasi bagi perusahaan demi pertumbuhan
dan berkelanjutan dan bukan lagi dilihat dari sarana biaya. Salah satu contoh
kasus yaitu PT. Kimia Farma yang rutin melakukan CSR. PT. Kimia Farma adalah
perusahaan industri farmasi pertama di Indnesia yang didirikan oleh pemerintah
Hindia Belanda pada tahun 1817. PT. Kimia Farma (Persero) Tbk melakukan CSR
salah satunya dengan menyelanggarakan pasar murah di salah satu desa tujuannya
antara lain agar Kimia Farma sebagai salah satu BUMN bisa senantiasa hadir
untuk negeri ini, khususnya dalam membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat
yang ada di sekitar usahanya serta berkaitan dengan kelestarian alam di bidang
lingkungan PT. Kimia Farma berhasil melakukan CSR dengan membuat bank sampah.
2.
Teori
CSR (Corporate Social
Responsibility) adalah suatu konsep atau tindakan yang dilakukanoleh perusahaan
sebagai rasa tanggung jawab perusahaan terhadap sosial maupun lingkungan
sekitar dimana perusahaan itu berada, seperti melakukan suatu kegiatan yang
dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar dan menjaga lingkungan,
memberikan beasiswa untuk anak tidak mampu di daerah tersebut, dana untuk
pemeliharaan fasilitas umum, sumbangan untuk membangun desa/fasilitas
masyarakat yang bersifat sosial dan berguna untuk masyarakat banyak, khususnya
masyarakat yang berada di sekitar perusahaan tersebut berada.
Menurut Kotler dan Nancy Corporate Social
Responsibility adalah komitmen perusahaan untuk meningkatkan kesejahteraan
komunitas melalui praktik bisnis yang baik dan mengkontribusikan sebagai sumber
daya perusahaan. Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan sebuah
fenomena atau strategi perusahaan untuk mengakomodasi kebutuhan dan kepentingan
stakeholdernya. CSR dimulai sejak era dimana kesadaran akan sustainability
perusahaan jangka panjang adalah lebih penting daripada sekedar profitability
perusahaan.
2.1
Tujuan Corporate Social Responsibility
Untuk mengembangkan
masyarakat yang sifatnya produktif dan melibatkan masyarakat di dalam dan
diluar perusahaan baik secara langsung maupun tidak langsung.
2.2
Adapun 5 pilar yang mencakup aktivitas CSR, yaitu :
1. Building Human Capital
Secara
internal perusahaan, dituntut untuk menciptakan SDM yang handal. Secara
eksternal, perushaan dituntut untuk melakukan pemberdayaan masyarakat, biasanya
melalui community development.
2. Strengthening Economies
Perusahaan
dituntut untuk tidak menjadi kaya sendiri sementara komuntas di lingkungannya
miskin, mereka harus memberdayakan ekonomi sekitar.
3. Assessing Social Chesion
Perusahaan
dituntut untuk menjaga keharmonisan dengan masyarakat sekitar agar tidak
menimbulkan konflik.
4. Encouraging Good Governence
Dalam
menjalankan bisnisnya, perusahaan harus menjalankan tata kelola bisnia dengan
baik.
5. Protecting The Environment
Perusahaan
berupaya keras menjaga kelestarian lingkungan.
2.3
Manfaat CSR bagi Masyarakat, yaitu :
1.
Meningkatnya kesejahteraan masyarakat
sekitar dan kelestarian.
2.
Adanya beasiswa untuk anak tidak mampu
di daerah tersebut.
3. Adanya pembangunan desa / fasilitas masyarakat
yang bersifat sosial dan berguna untuk masyarakat yang berada di sekitar
perusahaan tersebut berada.
2.4
Manfaat CSR bagi perusahaan, yaitu :
1.
Meningkatkan citra perusahaan.
2.
Mengembangkan kerja sama dengan
perusahaan lain.
3.
Memperkuat brand merek perusahaan
dimaata masyarakat.
4.
Membedakan perusahaan tersebut dengan
para pesaingnya.
5.
Memberikan inovasi bagi perusahaan.
3.
Analisis
Menurut saya dengan
melakukan Corporate Social Responsibilty (CSR) akan menimbulkan dampak positif
pada perusahaan PT. Kimia Farma, karena melalui CSR masyarakat luas hidupnya
akan lebih terjamin. Terjaganya kelestarian alam juga menjamin kelancaran
proses produksi, kegiatan Corporate Social Responsibilitu (CSR) sangat penting
pada setiap perusahaan dalam membangun citra dan reputasi perusahaan yang pada
akhirnya meningkatkan kepercayaan baik dari konsumen maupun mitra bisnis
perusahaan tersebut dan juga meningkatkan rasa tanggung jawab terhadap
masyarakat. Maka setiap perusahaan wajib melakukan CSR guna demi kelancaran
perusahaan tersebut.
Referensi
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar