Jumat, 07 Oktober 2016

Analisis Corporate Social Responsibility (CSR)



Pendahuluan
1.1  Latar Belakang Masalah

Dalam keseharian bisnis tidak akan lepas dari masyarakat sekitar, oleh karena itu perusahaan berkewajiban bertanggung jawab terhadap kondisi yang sering disebut Corporate Social Responsibiliy. CSR merupakan investasi bagi perusahaan demi pertumbuhan dan berkelanjutan dan bukan lagi dilihat dari sarana biaya. Salah satu contoh kasus yaitu PT. Kimia Farma yang rutin melakukan CSR. PT. Kimia Farma adalah perusahaan industri farmasi pertama di Indnesia yang didirikan oleh pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1817. PT. Kimia Farma (Persero) Tbk melakukan CSR salah satunya dengan menyelanggarakan pasar murah di salah satu desa tujuannya antara lain agar Kimia Farma sebagai salah satu BUMN bisa senantiasa hadir untuk negeri ini, khususnya dalam membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada di sekitar usahanya serta berkaitan dengan kelestarian alam di bidang lingkungan PT. Kimia Farma berhasil melakukan CSR dengan membuat bank sampah.

2. Teori

CSR (Corporate Social Responsibility) adalah suatu konsep atau tindakan yang dilakukanoleh perusahaan sebagai rasa tanggung jawab perusahaan terhadap sosial maupun lingkungan sekitar dimana perusahaan itu berada, seperti melakukan suatu kegiatan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar dan menjaga lingkungan, memberikan beasiswa untuk anak tidak mampu di daerah tersebut, dana untuk pemeliharaan fasilitas umum, sumbangan untuk membangun desa/fasilitas masyarakat yang bersifat sosial dan berguna untuk masyarakat banyak, khususnya masyarakat yang berada di sekitar perusahaan tersebut berada.

 Menurut Kotler dan Nancy Corporate Social Responsibility adalah komitmen perusahaan untuk meningkatkan kesejahteraan komunitas melalui praktik bisnis yang baik dan mengkontribusikan sebagai sumber daya perusahaan. Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan sebuah fenomena atau strategi perusahaan untuk mengakomodasi kebutuhan dan kepentingan stakeholdernya. CSR dimulai sejak era dimana kesadaran akan sustainability perusahaan jangka panjang adalah lebih penting daripada sekedar profitability perusahaan.

2.1 Tujuan Corporate Social Responsibility

Untuk mengembangkan masyarakat yang sifatnya produktif dan melibatkan masyarakat di dalam dan diluar perusahaan baik secara langsung maupun tidak langsung.

2.2 Adapun 5 pilar yang mencakup aktivitas CSR, yaitu :

1.      Building Human Capital
Secara internal perusahaan, dituntut untuk menciptakan SDM yang handal. Secara eksternal, perushaan dituntut untuk melakukan pemberdayaan masyarakat, biasanya melalui community development.
2.      Strengthening Economies
Perusahaan dituntut untuk tidak menjadi kaya sendiri sementara komuntas di lingkungannya miskin, mereka harus memberdayakan ekonomi sekitar.
3.      Assessing Social Chesion
Perusahaan dituntut untuk menjaga keharmonisan dengan masyarakat sekitar agar tidak menimbulkan konflik.
4.      Encouraging Good Governence
Dalam menjalankan bisnisnya, perusahaan harus menjalankan tata kelola bisnia dengan baik.
5.      Protecting The Environment
Perusahaan berupaya keras menjaga kelestarian lingkungan.

2.3 Manfaat CSR bagi Masyarakat, yaitu :

1.      Meningkatnya kesejahteraan masyarakat sekitar dan kelestarian.
2.      Adanya beasiswa untuk anak tidak mampu di daerah tersebut.
3.   Adanya pembangunan desa / fasilitas masyarakat yang bersifat sosial dan berguna untuk masyarakat yang berada di sekitar perusahaan tersebut berada.


2.4 Manfaat CSR bagi perusahaan, yaitu :

1.      Meningkatkan citra perusahaan.
2.      Mengembangkan kerja sama dengan perusahaan lain.
3.      Memperkuat brand merek perusahaan dimaata masyarakat.
4.      Membedakan perusahaan tersebut dengan para pesaingnya.
5.      Memberikan inovasi bagi perusahaan.

3. Analisis

Menurut saya dengan melakukan Corporate Social Responsibilty (CSR) akan menimbulkan dampak positif pada perusahaan PT. Kimia Farma, karena melalui CSR masyarakat luas hidupnya akan lebih terjamin. Terjaganya kelestarian alam juga menjamin kelancaran proses produksi, kegiatan Corporate Social Responsibilitu (CSR) sangat penting pada setiap perusahaan dalam membangun citra dan reputasi perusahaan yang pada akhirnya meningkatkan kepercayaan baik dari konsumen maupun mitra bisnis perusahaan tersebut dan juga meningkatkan rasa tanggung jawab terhadap masyarakat. Maka setiap perusahaan wajib melakukan CSR guna demi kelancaran perusahaan tersebut.

Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar