Kamis, 22 Oktober 2015

Penggunaan pada suatu produk


Penggunaan Produk

Produk adalah sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk diperhatikan, dipakai, dimiliki, atau dikonsumsikan sehingga dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan. Dari pengertian ini dapat disimpulkan bahwa hampir semua yang termasuk produksi adalah benda nyata yang dapat dilihat, diraba, dan dirasakan. Karena produk adalah benda ril, maka jenisnya cukup banyak. Secara garis besar jenis-jenis produk bisa kita perinci menjadi dua jenis, yaitu produk konsumsi dan produk industri. Produk konsumsi (consumer products) adalah barang yang dipergunakan oleh konsumen akhir atau rumah tangga dengan maksud tidak untuk dibisniskan atau dijual lagi.

Diferensiasi produk secara umum merupakan pembedaan suatu produk dengan produk lainnya. Pengertian lain juga tentang diferensiasi produk adalah pembedaan suatu produk dalam suatu perusahaan, agar pihak konsumen dapat memilih produk yang mana, yang mereka inginkan. Yang menjadi alternatif konsumen untuk memilih suatu produk di dasari pada warna, kualitas dan harga. Contohnya dalam penggunaan produk bedak merek Wardah dan merek NYX yang digunakan oleh beberapa konsumen dibawah ini :

Pertanyaan :
Produk X dan Produk Y
1.      Produk merek bedak apakah yang anda gunakan?
2.      Apakah alasan anda memilih produk tersebut?
3.      Apakah kelebihan dari produk yang anda gunakan?
4.      Bagaimana harga yang ditawarkan pada produk yang anda gunakan?

Jawaban dari ke 5 konsumen :
  

Pertanyaan 1
Pertanyaan 2
Pertanyaan 3
Pertanyaan 4
Konsumen 1
Y
Produk Y cocok pada wajah
Lebih terjamin kualitas produknya
Harga yang ditawarkan sebanding dengan kualitas produk
Konsumen 2
Y
Warna yang digunakan cocok
Produk Y lebih tahan lama
Sesuai dengan produk yang ditawarakan
Konsumen 3
X
Produk X lebih terpercaya
Pilihan warna lebih   banyak
Harganya lebih murah dibandingkan Y
Konsumen 4
Y
Termasuk merek terbaik
Tekstur pada bedak lebih halus
Harga mahal,   tetapi cocok pada penggunaan
Konsumen 5
X
Tidak membuat wajah berjerawat
Produk sudah diiklankan
Harganya sesuai dengan produk yang ditawarkan

Kesimpulan : Dari ke 5 konsumen mereka banyak menggunakan produk Y karena kualitas dari produk tersebut lebih tahan lama.

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar