Tugas Dasar Pemasaran
PRAKATA
Saya memilih produk susu Ultra Milk ini karena
rasanya yang enak dan varian rasa yang bermacam-macam serta cara
mengkonsumsinya pun mudah.
PENDAHULUAN
Latar
Belakang
Industri susu di Indonesia saat ini sangat
menggairahkan karena potensi pasar susu di Indonesia masih terbuka lebar
mengingat Indonesia merupakan negara yang memiliki jumlah penduduk terbesar
keempat di dunia dan juga tingkat konsumsi susu di Indonesia yang masih jauh lebih
rendah dibandingkan dengan Negara-negara lain. Oleh karena itu, industri susu
di Indonesia terus bertumbuh demikian halnya juga untuk industri susu cair.
Akan tetapi, pertumbuhan susu cair tersebut lebih disebabkan karena
meningkatnya konsumsi susu di Indonesia bukan karena adanya perubahan pola
konsumsi susu di Indonesia.
Banyak dikalangan modern seperti saat ini, berbagai
jenis merk susu telah berkembang. Akan tetapi eksistensi Ultra Milk tetap
menjadi nomor 1 dari para pelanggan. Sebab memang sudah membawa nama sejak dulu
Ultra Milk senantiasa menemani setiap saat seperti sarapan dan untuk
beraktifitas.
Susu Ultra
Milk ini banyak mengandung kalsium yang tinggi dan rendah lemak oleh karna itu
banyak masyarakat yang sangat menyukai susu ini karena susu Ultra Milk ini
tidak mengandung efek samping yang mengakibatkan kerusakan pada tubuh.
Ultra Milk merupakan susu dalam kemasan karton yang diproses secara canggih
(teknologi UHT-Ultra High Temperature) dan tanpa bahan pengawet, sehingga
nutrisi alaminya tetap terjaga.
Perusahaan susu Ultra Milk
termasuk salah satu perusahaan di Indonesia yang memiliki jaringan distribusi
yang paling luas, mencakup seluruh daerah Indonesia, mulai dari Sumatera di
ujung Barat hingga Papua di ujung Timur. Hal ini dapat dicapai oleh adanya
sistem distribusi yang terdiri dari 2,500 grosir yang bersama-sama melayani
lebih dari 25,000 toko ritel (toko moderen dan tradisional).
Keunggulan dari susu Ultra Milk selain nutrisinya yang alami adalah rasanya
yang enak, sehingga membuat banyak para pelanggan untuk memilih mengkonsumsi
susu ULTRA MILK ini.
Adanya perubahan pola hidup dalam
masyarakat menyebabkan kebutuhan akan minuman bergizi dan praktis menjadi
sangat penting, hal ini menyebabkan susu cair dalam kemasan memiliki keunggulan
dibandingkan dengan susu bubuk.
Besarnya prospek susu cair dalam
kemasan membuat produsen berupaya mengembangkan segmentasi dari susu cair dalam
kemasan. Segmentasi tersebut mencakup dari segi usia maupun selera, sehingga
bermunculan produk susu cair dalam kemasan dengan berbagai pilihan rasa yang
disesuaikan dengan selera dari segmentasi konsumen mereka.
Sejalan dengan peningkatan
permintaan susu dalam kemasan dan perkembangan teknologi yang semakin maju,
produsen-produsen yang bergerak dalam industri susu dalam kemasan terus
melakukan inovasi untuk menambah
keunggulan atribut-atribut produknya, sehingga produk mereka memiliki
perbedaaan yang nyata dibandingkan produk sejenis dengan tujuan menarik minat
konsumen. Untuk itu kepuasan atribut perlu ditingkatkan perusahaan untuk
mempertahankan konsumen.
PEMBAHASAN
PT. Ultrajaya Milk Industry Tbk
merupakan perusahaan multinasional yang memproduksi minuman
yang bermarkas di Padalarang,
Kab. Bandung, Indonesia. Beralamat di Jln. Raya Cimareme 131, Padalarang,
Kab. Bandung. Perusahaan ini awalnya merupakan industri rumah tangga yang
didirikan pada tahun 1958, kemudian menjadi suatu entitas perseroan terbatas
pada tahun 1971.
Perusahaan ini merupakan pioner di bidang industri minuman dalam kemasan di
Indonesia, dan sekarang memiliki mesin pemroses minuman tercanggih se-Asia
Tenggara.
Berawal dari sebuah perusahaan susu di tahun 1950-an
ini PT. Ultra Jaya berkembang dengan sangat pesat hingga mampu meraih posisi
saat ini sebagai salah satu perusahaan terkemuka di Indonesia untuk
produk-produk susu dan buah.
Kisah PT. Ultra Jaya diawali dari
sebuah perusahaan susu yang kecil tahun 1958. Lalu pada tahun 1971, perusahaan
ini memasuki tahap pertumbuhan pesat sejalan dengan perubahannya menjadi PT.
Ultra Milk industry trading company.
PT. Ultra Jaya saat ini merupakan
perusahaan pertama dan terbesar di Indonesia yang menghasilkan produk-produk
susu, minuman dan makanan kemasan aseptik yang tahan lama dengan merek-merek
terkenal seperti ultra milk untuk produk susu, buavita untuk jus buah segar dan
teh kotak untuk minuman teh segar.
Lokasi
pabriknya terletak sangat strategis di pusat daerah pedalaman pertanian Bandung
yang menyediakan sumberdaya alam yang melimpah, segar dan berkualitas, mulai
dari susu segar, daun teh hingga buah-buahan tropis. Dapat dilihat bahwa PT
Ultra Jaya berada diposisi pertama dengan marketshare terbesar yaitu 54,38
persen selain itu PT Ultra Jaya juga memiliki kapasitas produksi terbesar dibanding
perusahaan lainnya yaitu sebesar 100.000 kilo pertahun.
Ultra Milk juga aman karena tidak
mengandung pemanis buatan, pengawet, pewarna, maupun soda. Salah satu kelebihan
Ultra Milk adalah mampu bertahan hingga satu tahun walaupun tidak mengandung
bahan pengawet. Hal ini disebabkan karena mikroorganisme dalam susu sudah dimatikan
lewat proses sterilisasi yakni UHT (Ultra
High Temperature).
Zat-zat yang terkandung dalam
Ultra Milk mempunyai komposisi yang seimbang dalam jumlah yang cukup. Daya cernanya sempurna,
sehingga sesuai dengan kebutuhan untuk pertumbuhan dan perkembangan manusia.
Selain itu, dengan mengkonsumsi Ultra Milk juga dapat membantu perkebangan otak.
Kelebihan yang dimiliki Ultra Milk
adalah kemasan kotak yang digunakan sebagai kemasan produk. Kemasan kotak Ultra
Milk di desain dengan kualitas yanag tinggi, ramah lingkungan sehingga dapat di
daur ulang. Kelebihan lainnya dari kemasan kotak Ultra Milk adalah lapisan
aseptik untuk mengeliminasi resiko infeksi atau kontaminasi bakteri pada susu
cair sehingga kualitas susu cair dalam kemasan dapat terjaga dan dapat
dikonsumsi secara maksimal.dengan kelebihan dan manfaat tersebutlah Ultra Milk
dapat diterima dan banyak disukai oleh konsumennya.
Ultra Milk tersedia dalam pilihan
rasa:
- Ultra Milk Susu UHT Full Cream (Kotak 1 liter, 250 ml, 200ml)
- Ultra Milk Susu UHT Rasa Coklat (Kotak 1 liter, 250 ml, 200 ml, 125 ml)
- Ultra Milk Susu UHT Rasa Stroberi (Kotak 250 ml, 200 ml, 125 ml)
- Ultra Milk Susu UHT Rasa Moka (Kotak 250 ml, 200 ml)
- Ultra Milk Low Fat Hi-Calcium Full Cream (Kotak 1 liter, 250 ml, 200 ml)
Ultra Susu Kental Manis
- Ultra SKM Full Cream
- Ultra SKM Rasa Coklat
Ultra Mimi
Ultra Mimi merupakan susu kotak UHT
yang cocok untuk anak-anak. Ultra Mimi (kotak 125 ml) tersedia dalam pilihan
rasa:
- Mimi Rasa Coklat
- Mimi Rasa Vanila
- Mimi Rasa Strawberry
FAKTOR YANG BERPENGARUH
Industri
makanan dan minuman di Indonesia memiliki harapan yang sangat positif. Negara
ini memiliki populasi besar dan mengalami pertumbuhan ekonomi yang luar biasa.
Meningkatnya daya beli konsumen telah membuat produk-produk makanan menjadi
lebih terjangkau oleh masyarakat luas. Sebagai perusahaan makanan dan minuman
yang terkemuka di Indonesia, PT Ultra Jaya berada pada posisi yang sangat
menguntungkan dengan kondisi.
Faktor yang berpengaruh pada susu Ultra
Milk adalah pemberdayaan pembauran pemasaran yang terdiri dari produk itu
sendiri seperti harga, promosi, produksi.
Faktor yang mempengaruhi konsumen
untuk membeli susu Ultra Milk adalah:
1.
Harga yang relatif murah
2.
Terbuat dari susu segar dan diambil
dari sapi yang berkualitas
3.
Dapat dikonsumsi oleh siapa saja
4.
Kemasan menarik
5.
Cita rasa yang enak
6.
Susu Ultra Milk mempunyai manfaat
tersendiri serta baik untuk kesehatan
7.
Kandungan gizi pada susu Ultra Milk
lengkap
8.
Volume yang bervariasi
9.
Susu Ultra Milk ini pun sudah
mendapat sertifikat Halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).
MARKETSHARE SUSU ULTRA MILK
Permintaan susu dimasa mendatang
akan meningkat sejalan dengan pertambahan jumlah penduduk, peningkatan
pendapatan atau daya beli, maupun kesadaran pangan dan gizi. Dapat pada
perkembangan konsumsi susu di Indonesia pada Tahun 2000-2004 bahwa sampai saat
ini impor susu untuk memenuhi produksi dalam negeri masih cukup besar, yaitu
diatas 50 persen pertahunnya.
Dapat
dilihat bahwa PT Ultra Jaya berada diposisi pertama dengan marketshare terbesar
yaitu 54,38 persen selain itu PT Ultra Jaya juga memiliki kapasitas produksi terbesar
dibanding perusahaan lainnya yaitu sebesar 100.000 kilo pertahun.
Produk PT Ultrajaya Milk Industry and Trading (PT Ultrajaya) yang
bermerek Ultra Milk, merupakan produk yang telah lama memproduksi susu cair
dalam kemasan sejak tahun 1975. Dengan pertumbuhan penjualan 15-20 persen per
tahunnya menjadikan PT Ultrajaya menjadi pemimpin pasar (market leader) di industry susu cair.
Saat ini Ultra Milk telah memiliki market
share mencapai 50 persen lebih. Besarnya peluang pasar dalam
industri susu cair dalam kemasan menyebabkan semakin bertambahnya produsen yang
memasuki industri ini.
FAKTOR PENDUKUNG
Faktor
pendukungnya pun yaitu diversifikasi
produk PT. Ultra Jaya dibanding minuman kesehatan telah mendorong perusahaan
untuk terus mengembangkan pasarnya. Diantaranya adalah dengan memasuki usaha
dibidang produk konsumen yaitu meluncurkan buavita sebagai minuman jus rasa
buah yang mengandung kaya akan vitamin yang diperlukan tubuh dan teh kotak
sebagai minuman segar untuk menghilangkan dahaga.
Kekuatan utama PT Ultrajaya terletak pada visi pemasaran yang terfokus –
terus menerus membangun merek yang kuat dan memerlebar ragam produk makanan dan
minuman untuk memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia.
Faktor pendukung lainnya pun adalah
harga susu ultra yang relatif murah dan dapat dijangkau oleh masyarakat
kalangan menegah kebawah hingga kalangan atas serta adapun factor lainnya ada
seperti pada kemasan, warna kemasan selalu ditandai dengan rasa contohnya rasa
cokelat kemasannya pun juga berwarna cokelat.
Manfaat lain yang ditawarkan oleh
Ultra Milk adalah rendah kalori, artinya dengan tingkat kalori yang rendah
tidak menyebabkan kegemukan.
FAKTOR PENGHAMBAT
Banyaknya para pesaing baru yang
juga ikut memproduksi susu cair yang menghasilkan berbagai macam rasa serta
pembuatan kemasan yang dibuat lebih menarik, ketersediaan barang baku dan
faktor lainnya juga adalah beberapa pesaing terus merebut pasar susu cair yang
dimiliki oleh Ultra Milk.
Berdasarkan hal tersebut PT Ultra
Jaya harus mewaspadai para pesaing agar tetap terus menjadi pemimpin pasar di
susu cair.
KESIMPULAN
PT
Ultrajaya terletak pada visi pemasaran yang terfokus terus menerus membangun
merek yang kuat dan memerlebar ragam produk makanan dan minuman untuk memenuhi
kebutuhan konsumen Indonesia.
Susu Ultra Milk ini dapat
dipertahankan secara terus menerus dan melihat dari para konsumen yang banyak
mengkonsuminya karena memiliki cita rasa yang enak, kandungan gizi yang baik,
serta harga yang relatif murah dan dapat dijangkau oleh semua kalangan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar