Jumat, 29 November 2013

Tugas dasar pemasaran


Tugas Dasar Pemasaran


PRAKATA
Saya memilih produk susu Ultra Milk ini karena rasanya yang enak dan varian rasa yang bermacam-macam serta cara mengkonsumsinya pun mudah.
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Industri susu di Indonesia saat ini sangat menggairahkan karena potensi pasar susu di Indonesia masih terbuka lebar mengingat Indonesia merupakan negara yang memiliki jumlah penduduk terbesar keempat di dunia dan juga tingkat konsumsi susu di Indonesia yang masih jauh lebih rendah dibandingkan dengan Negara-negara lain. Oleh karena itu, industri susu di Indonesia terus bertumbuh demikian halnya juga untuk industri susu cair. Akan tetapi, pertumbuhan susu cair tersebut lebih disebabkan karena meningkatnya konsumsi susu di Indonesia bukan karena adanya perubahan pola konsumsi susu di Indonesia.
Banyak dikalangan modern seperti saat ini, berbagai jenis merk susu telah berkembang. Akan tetapi eksistensi Ultra Milk tetap menjadi nomor 1 dari para pelanggan. Sebab memang sudah membawa nama sejak dulu Ultra Milk senantiasa menemani setiap saat seperti sarapan dan untuk beraktifitas.
Susu Ultra Milk ini banyak mengandung kalsium yang tinggi dan rendah lemak oleh karna itu banyak masyarakat yang sangat menyukai susu ini karena susu Ultra Milk ini tidak mengandung efek samping yang mengakibatkan kerusakan pada tubuh.
Ultra Milk merupakan susu dalam kemasan karton yang diproses secara canggih (teknologi UHT-Ultra High Temperature) dan tanpa bahan pengawet, sehingga nutrisi alaminya tetap terjaga.
Perusahaan susu Ultra Milk termasuk salah satu perusahaan di Indonesia yang memiliki jaringan distribusi yang paling luas, mencakup seluruh daerah Indonesia, mulai dari Sumatera di ujung Barat hingga Papua di ujung Timur. Hal ini dapat dicapai oleh adanya sistem distribusi yang terdiri dari 2,500 grosir yang bersama-sama melayani lebih dari 25,000 toko ritel (toko moderen dan tradisional).
Keunggulan dari susu Ultra Milk selain nutrisinya yang alami adalah rasanya yang enak, sehingga membuat banyak para pelanggan untuk memilih mengkonsumsi susu ULTRA MILK ini.
Adanya perubahan pola hidup dalam masyarakat menyebabkan kebutuhan akan minuman bergizi dan praktis menjadi sangat penting, hal ini menyebabkan susu cair dalam kemasan memiliki keunggulan dibandingkan dengan susu bubuk.


Besarnya prospek susu cair dalam kemasan membuat produsen berupaya mengembangkan segmentasi dari susu cair dalam kemasan. Segmentasi tersebut mencakup dari segi usia maupun selera, sehingga bermunculan produk susu cair dalam kemasan dengan berbagai pilihan rasa yang disesuaikan dengan selera dari segmentasi konsumen mereka.

Sejalan dengan peningkatan permintaan susu dalam kemasan dan perkembangan teknologi yang semakin maju, produsen-produsen yang bergerak dalam industri susu dalam kemasan terus
melakukan inovasi untuk menambah keunggulan atribut-atribut produknya, sehingga produk mereka memiliki perbedaaan yang nyata dibandingkan produk sejenis dengan tujuan menarik minat konsumen. Untuk itu kepuasan atribut perlu ditingkatkan perusahaan untuk mempertahankan konsumen.
PEMBAHASAN
PT. Ultrajaya Milk Industry Tbk merupakan perusahaan multinasional yang memproduksi minuman yang bermarkas di Padalarang, Kab. Bandung, Indonesia. Beralamat di Jln. Raya Cimareme 131, Padalarang, Kab. Bandung. Perusahaan ini awalnya merupakan industri rumah tangga yang didirikan pada tahun 1958, kemudian menjadi suatu entitas perseroan terbatas pada tahun 1971. Perusahaan ini merupakan pioner di bidang industri minuman dalam kemasan di Indonesia, dan sekarang memiliki mesin pemroses minuman tercanggih se-Asia Tenggara.
Berawal  dari sebuah perusahaan susu di tahun 1950-an ini PT. Ultra Jaya berkembang dengan sangat pesat hingga mampu meraih posisi saat ini sebagai salah satu perusahaan terkemuka di Indonesia untuk produk-produk susu dan buah.
Kisah PT. Ultra Jaya diawali dari sebuah perusahaan susu yang kecil tahun 1958. Lalu pada tahun 1971, perusahaan ini memasuki tahap pertumbuhan pesat sejalan dengan perubahannya menjadi PT. Ultra Milk industry trading company.
PT. Ultra Jaya saat ini merupakan perusahaan pertama dan terbesar di Indonesia yang menghasilkan produk-produk susu, minuman dan makanan kemasan aseptik yang tahan lama dengan merek-merek terkenal seperti ultra milk untuk produk susu, buavita untuk jus buah segar dan teh kotak untuk minuman teh segar.
Lokasi pabriknya terletak sangat strategis di pusat daerah pedalaman pertanian Bandung yang menyediakan sumberdaya alam yang melimpah, segar dan berkualitas, mulai dari susu segar, daun teh hingga buah-buahan tropis. Dapat dilihat bahwa PT Ultra Jaya berada diposisi pertama dengan marketshare terbesar yaitu 54,38 persen selain itu PT Ultra Jaya juga memiliki kapasitas produksi terbesar dibanding perusahaan lainnya yaitu sebesar 100.000 kilo pertahun.

Ultra Milk juga aman karena tidak mengandung pemanis buatan, pengawet, pewarna, maupun soda. Salah satu kelebihan Ultra Milk adalah mampu bertahan hingga satu tahun walaupun tidak mengandung bahan pengawet. Hal ini disebabkan karena mikroorganisme dalam susu sudah dimatikan lewat proses sterilisasi yakni UHT (Ultra High Temperature).

Zat-zat yang terkandung dalam Ultra Milk mempunyai komposisi yang seimbang dalam  jumlah yang cukup. Daya cernanya sempurna, sehingga sesuai dengan kebutuhan untuk pertumbuhan dan perkembangan manusia. Selain itu, dengan mengkonsumsi Ultra Milk juga dapat membantu perkebangan otak.
Kelebihan yang dimiliki Ultra Milk adalah kemasan kotak yang digunakan sebagai kemasan produk. Kemasan kotak Ultra Milk di desain dengan kualitas yanag tinggi, ramah lingkungan sehingga dapat di daur ulang. Kelebihan lainnya dari kemasan kotak Ultra Milk adalah lapisan aseptik untuk mengeliminasi resiko infeksi atau kontaminasi bakteri pada susu cair sehingga kualitas susu cair dalam kemasan dapat terjaga dan dapat dikonsumsi secara maksimal.dengan kelebihan dan manfaat tersebutlah Ultra Milk dapat diterima dan banyak disukai oleh konsumennya.
Ultra Milk tersedia dalam pilihan rasa:
  • Ultra Milk Susu UHT Full Cream (Kotak 1 liter, 250 ml, 200ml)
  • Ultra Milk Susu UHT Rasa Coklat (Kotak 1 liter, 250 ml, 200 ml, 125 ml)
  • Ultra Milk Susu UHT Rasa Stroberi (Kotak 250 ml, 200 ml, 125 ml)
  • Ultra Milk Susu UHT Rasa Moka (Kotak 250 ml, 200 ml)
  • Ultra Milk Low Fat Hi-Calcium Full Cream (Kotak 1 liter, 250 ml, 200 ml)
Ultra Susu Kental Manis
  • Ultra SKM Full Cream
  • Ultra SKM Rasa Coklat
Ultra Mimi
Ultra Mimi merupakan susu kotak UHT yang cocok untuk anak-anak. Ultra Mimi (kotak 125 ml) tersedia dalam pilihan rasa:
  • Mimi Rasa Coklat
  • Mimi Rasa Vanila
  • Mimi Rasa Strawberry
FAKTOR YANG BERPENGARUH
Industri makanan dan minuman di Indonesia memiliki harapan yang sangat positif. Negara ini memiliki populasi besar dan mengalami pertumbuhan ekonomi yang luar biasa. Meningkatnya daya beli konsumen telah membuat produk-produk makanan menjadi lebih terjangkau oleh masyarakat luas. Sebagai perusahaan makanan dan minuman yang terkemuka di Indonesia, PT Ultra Jaya berada pada posisi yang sangat menguntungkan dengan kondisi.
Faktor yang berpengaruh pada susu Ultra Milk adalah pemberdayaan pembauran pemasaran yang terdiri dari produk itu sendiri seperti harga, promosi, produksi.
Faktor yang mempengaruhi konsumen untuk membeli susu Ultra Milk adalah:
1.      Harga yang relatif murah
2.      Terbuat dari susu segar dan diambil dari sapi yang berkualitas 
3.      Dapat dikonsumsi oleh siapa saja
4.      Kemasan menarik
5.      Cita rasa yang enak
6.      Susu Ultra Milk mempunyai manfaat tersendiri serta baik untuk kesehatan
7.      Kandungan gizi pada susu Ultra Milk lengkap
8.      Volume yang bervariasi
9.      Susu Ultra Milk ini pun sudah mendapat sertifikat Halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).
MARKETSHARE SUSU ULTRA MILK
Permintaan susu dimasa mendatang akan meningkat sejalan dengan pertambahan jumlah penduduk, peningkatan pendapatan atau daya beli, maupun kesadaran pangan dan gizi. Dapat pada perkembangan konsumsi susu di Indonesia pada Tahun 2000-2004 bahwa sampai saat ini impor susu untuk memenuhi produksi dalam negeri masih cukup besar, yaitu diatas 50 persen pertahunnya.

Dapat dilihat bahwa PT Ultra Jaya berada diposisi pertama dengan marketshare terbesar yaitu 54,38 persen selain itu PT Ultra Jaya juga memiliki kapasitas produksi terbesar dibanding perusahaan lainnya yaitu sebesar 100.000 kilo pertahun.

Produk PT Ultrajaya Milk Industry and Trading (PT Ultrajaya) yang bermerek Ultra Milk, merupakan produk yang telah lama memproduksi susu cair dalam kemasan sejak tahun 1975. Dengan pertumbuhan penjualan 15-20 persen per tahunnya menjadikan PT Ultrajaya menjadi pemimpin pasar (market leader) di industry susu cair. Saat ini Ultra Milk telah memiliki market share mencapai 50 persen lebih. Besarnya peluang pasar dalam industri susu cair dalam kemasan menyebabkan semakin bertambahnya produsen yang memasuki industri ini.
FAKTOR PENDUKUNG
Faktor pendukungnya pun yaitu diversifikasi produk PT. Ultra Jaya dibanding minuman kesehatan telah mendorong perusahaan untuk terus mengembangkan pasarnya. Diantaranya adalah dengan memasuki usaha dibidang produk konsumen yaitu meluncurkan buavita sebagai minuman jus rasa buah yang mengandung kaya akan vitamin yang diperlukan tubuh dan teh kotak sebagai minuman segar untuk menghilangkan dahaga.
Kekuatan utama PT Ultrajaya terletak pada visi pemasaran yang terfokus – terus menerus membangun merek yang kuat dan memerlebar ragam produk makanan dan minuman untuk memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia.
Faktor pendukung lainnya pun adalah harga susu ultra yang relatif murah dan dapat dijangkau oleh masyarakat kalangan menegah kebawah hingga kalangan atas serta adapun factor lainnya ada seperti pada kemasan, warna kemasan selalu ditandai dengan rasa contohnya rasa cokelat kemasannya pun juga berwarna cokelat.
Manfaat lain yang ditawarkan oleh Ultra Milk adalah rendah kalori, artinya dengan tingkat kalori yang rendah tidak menyebabkan kegemukan.
FAKTOR PENGHAMBAT
Banyaknya para pesaing baru yang juga ikut memproduksi susu cair yang menghasilkan berbagai macam rasa serta pembuatan kemasan yang dibuat lebih menarik, ketersediaan barang baku dan faktor lainnya juga adalah beberapa pesaing terus merebut pasar susu cair yang dimiliki oleh Ultra Milk.
Berdasarkan hal tersebut PT Ultra Jaya harus mewaspadai para pesaing agar tetap terus menjadi pemimpin pasar di susu cair.
KESIMPULAN
PT Ultrajaya terletak pada visi pemasaran yang terfokus terus menerus membangun merek yang kuat dan memerlebar ragam produk makanan dan minuman untuk memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia.
Susu Ultra Milk ini dapat dipertahankan secara terus menerus dan melihat dari para konsumen yang banyak mengkonsuminya karena memiliki cita rasa yang enak, kandungan gizi yang baik, serta harga yang relatif murah dan dapat dijangkau oleh semua kalangan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar